Search

Bikin Bingung Nih, Tarif Batas atas Tiket Pesawat Jadi Turun? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Sikap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) perihal rencana penurunan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat belum terang betul. Persentase 15% yang disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/5/2019), masih dikalkulasi jajaran terkait.

"Sedang dihitung, kami sedang menghitung," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana Pramesti di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut dia, ada sejumlah acuan dalam mengkalkulasi TBA, salah satunya harga avtur. Hasil penghitungan akan disampaikan secara resmi kepada publik pada Senin (13/5/2019).


"Insyallah ya," kata Polana.

Menurunkan TBA merupakan jurus baru Kemenhub sebagai solusi mahalnya harga tiket pesawat. Budi Karya mengatakan, ada berbagai dasar di balik penurunan TBA. Mulai dari harga pokok penjualan (HPP) yang mendasarkan pada on time performance (OTP), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, harga avtur, dan load factor.

"Didasarkan itu ditemukan setelah satu angka harga pokok rata-rata. Dengan dasar itu berarti kita masih ada ruang untuk bisa menurunkan batas atas," kata Budi Karya.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menuturkan, penurunan TBA tiket pesawat sudah dibicarakan dengan maskapai. Posisi Kemenhub adalah mengomunikasikan, bukan meminta persetujuan.

Bikin Bingung, Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Jadi Turun Gak?Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman lebih dulu membocorkan hal itu. Meski belum resmi diputuskan, namun langkah itu telah masuk tahap finalisasi.

"Kan sudah turun harga atas 15%, 15%, ya tadi dibilang turun, Garuda juga bilang yes, si Rini [Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno] kan juga udah bilang tuh," ungkap Luhut di kantornya, Rabu (8/5/2019).

Nantinya, Luhut tetap bakal memperhatikan mekanisme pasar. Dia meminta masyarakat agar tenang saja mengenai harga tiket pesawat. Di sisi lain, dia juga tidak ingin kinerja keuangan maskapai kian menderita.

Berdasarkan pengamatan CNBC Indonesia, rata-rata maskapai saat ini memasang tarif mendekati TBA. Rentang prosentase bervariasi mulai 65-100% dari TBA.

Adapun yang mendekati tarif batas bawah (TBB) nyaris tidak tersedia sama sekali. TBB ini berdasarkan aturan yang berlaku dipatok 35% dari TBA. Tentu saja, dalam hal ini maskapai tidak melakukan pelanggaran.

Namun, yang menjadi keluhan publik justru bukan pada tingginya TBA, melainkan kebijakan maskapai yang seolah kompak ogah pasang tarif mendekati TBB.

Lantas, sejauh apa penurunan TBA 15% ini berdampak menekan mahalnya harga tiket? Ataukah justru akan memacu maskapai kian kompak ramai-ramai memasang tarif 100% TBA?

"Ya kita lihat nanti kan musti dievaluasi semua. Lagian kan musti lari kepada maket, mekanisme itu," beber Luhut.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)

Let's block ads! (Why?)


https://www.cnbcindonesia.com/news/20190510142211-4-71717/bikin-bingung-nih-tarif-batas-atas-tiket-pesawat-jadi-turun

2019-05-10 07:35:57Z
52781598466056

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bikin Bingung Nih, Tarif Batas atas Tiket Pesawat Jadi Turun? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.